Berangkatkan Balik Gratis, Wali Kota: Semoga ke Depan Bisa Lebih Sempurna Lagi




MADIUN – Angkutan balik gratis lebaran 2024 resmi diberangkatkan, Senin (15/4). Setidaknya, ada sebanyak 654 pemudik yang diberangkat dari Terminal Bus Purboyo Kota Madiun. Ratusan pemudik itu diberangkatkan dengan 14 armada bus. Wali Kota Madiun, Dr. Maidi turut memberangkatkan angkutan balik gratis tersebut.

‘’Tentunya masyarakat ingin mudik aman, nyaman, dan bahagia. Tetapi dari mereka mungkin ada yang terkendali biaya. Karenanya, pemerintah pusat melalui Kementerian Perhubungan dan pemerintah daerah hadir untuk memberikan layanan ini,’’ kata wali kota.

Kementerian Perhubungan setidaknya menyiadakan 12 armada bus. Dua armada lainnya dari Pemerintah Kota Madiun. Dua armada itu setidaknya mengangkat 100 pemudik yang merupakan warga Kota Madiun. Wali kota menyebut dengan program angkutan mudik dan balik gratis tersebut keamanan di jalan bisa terkendali. Layanan mudik dan balik gratis tersebut salah satunya memang untuk menekan angka kecelakaan di jalan raya.

‘’Semoga selamat sampai tujuan, sehat, bisa bekerja lagi, ke depan bisa lebih sempurna lagi. Semoga (ke depan) sudah bisa pakai kendaraan pribadi,’’ harapnya.

Pemerintah, lanjut wali kota, tentu berharap masyarakat bisa berlebaran dengan aman dan nyaman. Hal itu bisa terwujud salah satunya saat perjalanan mudik dan balik juga lancar. Hadirnya layanan angkutan gratis tersebut tentu wajib dimanfaatkan benar.

‘’Dibanding dengan mengendarai sepeda motor tentu ini lebih aman. Juga mengurangi kepadatan lalu lintas. Ada banyak manfaat yang bisa didapat,’’ jelasnya.

Tidak hanya angkutan orang, Kemenhub juga melayani angkutan barang. Setidaknya disediakan truk untuk mengangkut sepeda motor. (dspp/agi/diskominfo)