Cuaca Panas Bukan Halangan, Ikuti 5 Tips Ini Agar Olahraga Tetap Aman




MADIUN – Melakukan aktivitas olahraga di tengah cuaca panas dapat memicu berbagai gangguan seperti dehidrasi hingga heatstroke jika tidak dilakukan dengan cara yang tepat.

Untuk itu, perhatikan beberapa hal berikut agar aktivitas dapat berjalan aman tanpa menyebabkan gangguan kesehatan.

Hal ini seperti diungkapkan oleh Direktur Utama Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI) sekaligus dokter spesialis patologi klinik, Dr. dr. Astuti Giantini, Sp.Pk (K), MPH sebagaimana dilansir dalam Kompas.com, Senin (9/10). Adapun tips aman berolahraga dalam cuaca panas adalah sebagai berikut :

1. Pastikan tubuh tetap terhidrasi

Tips pertama saat berolahraga di cuaca panas yaitu memastikan tubuh tetap terhidrasi atau mendapatkan cukup cairan. Untuk itu, selalu konsumsi air, baik air mineral maupun minuman berelektrolit untuk mencegah kekurangan cairan dalam tubuh.

2. Perhatikan teknis saat berolahraga

Salah satu cara yang dapat dilakukan saat berolahraga di cuaca panas adalah dengan meminimalisasi resiko cedera. Sebab, cuaca panas dapat mengakibatkan seseorang kekurangan cairan tubuh dan kehilangan fokus sehingga lupa untuk mengaplikasikan teknik olahraga yang tepat.

3. Lakukan pemanasan sebelum olahraga

Gerakan pemanasan merupakan langkah penting sebelum memulai berolahraga. Dengan begitu, tubuh tidak kaku, lebih leluasa bergerak, dan mencegah cedera.

4. Pilih waktu olahraga yang tepat

Tips ini dapat dilakukan bagi penyuka olahraga luar ruangan. Sebaiknya, lakukan saat cuaca lebih sejuk seperti pada pagi hari hingga pukul 10.00, sore, atau malam hari. Pemilihan waktu olahraga ini juga sebagai upaya meminimalisasi tubuh kehilangan banyak cairan karena cuaca panas.

5. Perhatikan irama detak jantung

Saat berolahraga, pastikan tubuh dalam kondisi sehat dengan detak jantung normal. Detak jantung dikatakan normal saat berolahraga, misalnya berlari, jika berada di angka 124-151 bpm. Ketika sudah melebihi 151 bpm sebaiknya periksakan diri ke dokter atau ahli untuk memastikan kesehatan tubuh.

Selain lima tips di atas, tidak ada salahnya berkonsultasi dengan instruktur olahraga atau dokter untuk mengetahui jenis latihan dan durasi sesuai kondisi masing-masing. Serta, gunakan pakaian yang tepat dan nyaman, jaga kulit tetap aman, dan berikan waktu istirahat untuk membantu tubuh memulihkan diri. (WS Hendro/irs/madiuntoday)