Cuaca Panas Pol! Simak Tips Berikut Agar Tak Tumbang




MADIUN - Beberapa hari belakangan, sejumlah wilayah di Indonesia dilanda cuaca panas dan terik, tak terkecuali Kota Madiun.
Berdasarkan catatan BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika), suhu yang terpantau di beberapa wilayah berada pada kisaran 24-36 derajat Celsius, dalam lima hari terakhir.

Untuk hari ini, Jumat (6/10) BMKG memperkirakan cuaca di Kota Madiun pada cerah sepanjang hari. Diperkirakan suhu di Madiun pada siang hingga sore hari mencapai 36 derajat Celcius. Cuaca panas terik ini diduga terjadi karena lapisan bawah atmosfer yang relatif kering.

Selain mengganggu kenyamanan saat beraktivitas di luar, cuaca panas dan terik juga rentan memicu dehidrasi, iritasi kulit, sakit kepala, gangguan penglihatan, hingga hilang kesadaran (pingsan). Oleh karena itu, penting untuk meningkatkan kesehatan dan menjaga tubuh tetap terhidrasi dengan baik, selama cuaca panas, agar terhindar dari gangguan kesehatan.

Berikut beberapa tipsnya, pertama banyak minum air putih. Salah satu dampak dari cuaca panas adalah hilangnya cairan tubuh dalam jumlah banyak, yang jika dibiarkan dapat berujung menjadi dehidrasi. Untuk itu, saat cuaca sedang panas-panasnya, perbanyaklah minum air putih, bahkan lebih banyak dari biasanya.

Kedua, perbanyak konsumsi buah-buahan.
Selain memperbanyak asupan air putih, penting juga untuk banyak mengonsumsi buah-buahan saat cuaca panas. Terutama buah yang tinggi kadar airnya, seperti semangka, melon, dan jeruk.

Ketiga, gunakan krim pelembap atau sunscreen. Jika akan beraktivitas di luar ruangan, jangan lupa untuk menggunakan krim pelembap. Krim ini bermanfaat untuk menjaga kulit tetap lembap. Sebab, saat cuaca sedang panas, kulit jadi rentan kering dan iritasi.
(WS Hendro/kus/madiuntoday)