Tak Hanya Angkutan Balik Gratis, Pemkot Juga Berikan Nasi Box dan Oleh-oleh untuk Pemudik




MADIUN – Angkutan balik gratis lebaran 2024 telah diberangkatkan, Senin (15/4). Setidaknya, ada 100 warga Kota Madiun yang turut dalam program tersebut. Mereka bergabung dengan ratusan pemudik lain yang turut dalam program angkutan gratis Kementerian Perhubungan dan Pemerintah Kota Madiun tersebut. Tidak hanya mendapatkan angkutan gratis, mereka juga mendapatkan bekal nasi dan juga oleh-oleh.

‘’Yang dari Kota Madiun kita berikan nasi dan juga jajanan khas Kota Madiun. Ya untuk menemani perjalanan mereka,’’ kata Kepala Dinas Perhubungan Kota Madiun, Subakri.

Total ada sebanyak 654 penumpang. Mereka diantar menggunakan 14 armada bus. Dua di antaranya dari Pemerintah Kota Madiun. Tujuannya beragam. Mulai dari Surabaya, hingga Jabodetabek dan Sumatera. Subakri menyebut peserta angkutan balik gratis bukan warga Kota Madiun juga dapat bekal serupa dari Kementerian Perhubungan. Namun, itemnya berbeda. Makanan dan minuman tersebut diharap bisa membantu mengurangi biaya yang dikeluarkan pemudik.

‘’Kan lumayan sudah bisa mengurangi biaya satu kali makan dan minum. Uangnya untuk keperluan lain,’’ ujarnya.

Program angkutan mudik dan balik gratis tersebut diharapkan dapat menambah kebahagiaan masyarakat. Sebab, bisa berlebaran dengan aman dan nyaman. Salah satunya keamanan dan kenyamanan saat perjalanan. Karenanya, keselamatan di jalan menjadi salah satu prioritas pemerintah. Melalui angkutan mudik dan balik gratis tersebut diharapkan mengurangi kepadatan kendaraan di jalan hingga menekan resiko kecelakaan.

‘’Faktor kecelakaan itu kan salah satunya karena kecapekan. Melalui program ini harapannya untuk menekan itu,’’ harapannya.

Tidak hanya angkutan orang, Kemenhub juga melayani angkutan barang. Setidaknya disediakan truk untuk mengangkut sepeda motor. (dspp/agi/madiuntoday)