Harga Emas Tinggi, Jadi Kesempatan Warga Jual Emas Untuk Persiapan Lebaran




MADIUN - Harga emas batangan 24 karat PT Aneka Tambang Tbk. (ANTM) atau Antam terpantau masih bertahan di level tertinggi Rp 1,2 juta per gram selama momen Ramadan 2024.

Kamis (21/3), harga emas Antam batangan di Distro Pegadaian Galeri Dua Empat Kota Madiun mencapai Rp 1.229.000. "Kemudian, pada pukul 10.00 naik lagi menjadi Rp 1.250.000," ujar Manajer Distro PT Pegadaian Galeri Dua Empat Kota Madiun Valentina Ratri Mutiara.

Harga emas batangan Antam kembali mengalami perubahan pada Jumat (22/3) siang. Yakni, Rp 1.242.000.

Menurut Valentina, harga logam mulia itu saat ini memang belum stabil. Karena, mengacu pada naik/turunnya suku bunga Dollar. "Jika nilai Dollar turun, harga emas otomatis mengalami kenaikan," imbuhnya.

Valentina pun menjelaskan, momen hari besar keagamaan seperti Lebaran sebenarnya tidak memengaruhi naik/turunnya harga emas. Namun, kondisi seperti saat ini banyak dimanfaatkan masyarakat untuk menjual emas mereka.

"Ada yang untuk persiapan Lebaran atau juga modal usaha. Misalnya hari ini. Ada yang jual Rp 20 juta, ada juga yang sampai 450 gram dijual," ungkapnya.

Adapun untuk menjual emas di Galeri Dua Empat tidak bisa dilakukan sembarangan. Sebab, mereka hanya menerima barang yang dibeli dari distro mereka. Serta, dibuktikan dengan sertifikat yang dikeluarkan oleh Galeri Dua Empat saat pembelian.

Sebagai informasi, harga beli dan harga jual (buyback) emas batangan sedikit berbeda. Hari ini terpantau harga buyback untuk Antam mencapai Rp 1.099.000. (Ws hendro/irs/madiuntoday)