Tetap Eksis, Gang Sepuhan Masih Jadi Jujugan Penggemar Ikan Hias




MADIUN – Gang Sepuhan atau biasa disebut Gang Iwak merupakan satu area kecil di Kota Madiun. Secara administrasi, lokasinya berada di Jalan Panglima Sudirman, Kelurahan Pangongangan. Di area ini, dulunya terdapat barisan pedagang ikan hias memenuhi gang di sekitar titik 0 Kota Madiun.

Namun, kini hanya satu pedagang yang masih eksis. Wardiyanto, namanya. ‘’Gang Iwak berdiri sejak 1960-an. Dulu, awalnya yang berjualan di sini orang-orang Kediri,’’ ujarnya memulai cerita, Senin (16/10).

Sekitar 1985, Gang Iwak mulai didominasi pedagang lokal. Sekitar delapan pedagang yang aktif menyediakan ikan hias kala itu. Seiring berjalannya waktu, jumlah pedagang semakin berkurang. Kini, menyisakan Wardiyanto seorang.

Meski begitu, pria 61 tahun itu tetap telaten melayani pembeli. Ada berbagai jenis yang dia sediakan setiap hari. ‘’Paling laku cupang, glowfish, guppy, koi, black ghost, cana, manfish,’’ jelasnya.

Untuk harga, Wardiyanto mengaku semuanya standar. Sesuai harga ikan pada umumnya. Karena itu, Gang Iwak masih menjadi jujugan penggemar ikan hias hingga kini. ‘’Normal-normal saja. Karena pemasoknya semua hampir sama. Jadi harganya juga tidak berbeda dari tempat lain,’’ imbuhnya. (WS Hendro/irs/madiuntoday)