Tak Perlu Rogoh Kocek Besar Untuk Foto Produk, UMKM Juga Bisa Lakukan Sendiri Dari Rumah




MADIUN - Bagi pelaku usaha, foto produk menjadi faktor penting yang memengaruhi pemasaran. Tak jarang mereka harus mengeluarkan uang lebih banyak agar hasil foto produk bisa maksimal.

Namun, sebenarnya foto produk bisa dilakukan dengan cara yang lebih hemat. Bahkan, dengan kamera ponsel dan peralatan seadanya dari rumah.

Hal ini seperti dijelaskan oleh Jimboeng Photography saat mengisi pelatihan foto produk bagi pelaku IKM Kota Madiun di Ruang 13 Balai Kota Madiun, Kamis (7/9) lalu. Menurutnya, ada 10 poin utama yang bisa menjadi panduan pelaku usaha dalam pengambilan foto produk agar lebih maksimal.

1. Siapkan Background Foto
Sebaiknya gunakan background berwarna polos atau netral seperti putih. Pelaku usaha bisa memanfaatkan alat seperti studio mini untuk memudahkan pengambilan foto. Warna putih menonjolkan detail produk dan memberikan kesah cerah.

2. Siapkan Model
Untuk produk yang bisa dipakai, seperti baju, sebaiknya gunakan model sebagai gambaran bagi pembeli. Selain itu, produk yang terlihat pas dengan model akan semakin menarik bagi pembeli.

3. Perhatikan Pencahayaan
Pencahayaan harus terang. Lebih baik mengambil foto secara outdoor dengan memanfaatkan cahaya alami dari matahari. Apalagi jika menggunakan kamera ponsel yang tidak sesensitif kamera DSLR.

4. Tentukan Tema Foto Agar Hasil Relevan
Tema foto merupakan salah satu hal krusial. Setelah menentukan tema, olah ide untuk menghasilkan foto yang bagus. Serta, evaluasi apakah foto sudah sesuai dengan produk yang akan ditampilkan.

5. Kenali Kamera Ponselmu
Kamera smartphone saat ini umumnya memiliki resolusi di atas 5 megapiksel sehingga mampu menghasilkan foto yang bagus. Tinggal maksimalkan seluruh fiturnya seperti resolusi tinggi, ISO yang tepat, white balance dan sebagainya. Setiap ponsel memiliki fitur berbeda sehingga penting untuk mengenali kamera ponsel masing-masing.

6. Siapkan beberapa angle foto
Angle atau sudut potret penting dilakukan dari berbagai sisi agar calon pembeli mudah mengenali produk yang dijual. Selain itu, angle yang beragam juga memudahkan pembeli memahami detail produk.

7. Hindari melakukan zoom pada kamera HP
Fitur zoom sebaiknya dihindari. Sebab, bisa menyebabkan penurunan resolusi foto. Sebaiknya, ambil foto dari jarak yang tepat.

8. Pegang erat ponsel agar gambar tidak kabur
Kamera HP memiliki shutter lag, yakni jeda antara saat menombol shutter dan saat kamera mengambil foto. Tetap tenang dan tunggu sampai kamera selesai mengambil foto. Semakin stabil kamera, semakin bagus foto yang dihasilkan.

9. Percantik Foto Dengan Fitur Edit Foto
Salah satu cara agar foto tampak bagus adalah dengan proses editing. Saat ini sudah banyak aplikasi edit foto yang tersedia dan mudah digunakan. Bahkan, bagi pemula sekalipun.

10. Gunakan watermark sebagai gak cipta
Tambahkan watermark untuk semua foto yang terpajang di media sosial. Penempatan watermark jangan sampai menutupi produk namun juga jangan di lokasi yang mudah dihapus. (Rams/irs/madiuntoday)