Peringati Hari Otonomi Daerah, Wali Kota Juga Serahkan Hadiah Lomba Kelurahan Berhasil dan Lomba Gotong Royong




MADIUN – Upacara Peringatan Hari Otonomi Daerah (Otoda) ke-28 juga digelar di Kota Madiun, Kamis (25/4). Upacara berlangsung khidmat di halaman Balai Kota Madiun dengan Wali Kota Dr. Maidi bertindak sebagai inspektur upacara.

Dalam upacara tersebut Wali Kota juga membacakan sambutan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian dengan tema Otonomi Daerah Berkelanjutan Menuju Ekonomi Hijau dan Lingkungan yang Sehat. Hal itu dirasa perlu dalam kondisi sekarang. Artinya, otonomi daerah harus dibarengi dengan keseimbangan lingkungan. Bukan malah sebaliknya.

‘’Daerah wajib terus berdaya dan mandiri. Tetapi jangan kemudian melupakan pentingnya keseimbangan lingkungan,’’ kata wali kota.

Dalam kegiatan tersebut juga dilakukan penyerahan berbagai hadiah lomba untuk tingkat Kota Madiun. Pemerintah Kota Madiun memang menggelar lomba Kelurahan Berhasil dan lomba Gotong Royong. Lomba digelar secara rutin setiap tahun. Untuk lomba Kelurahan Berhasil, Kelurahan Manisrejo tampil sebagai yang terbaik tahun ini. Kemudian ada Kelurahan Madiun Lor dan Kelurahan Kelun di posisi kedua dan ketiga. Sementara untuk Lomba Pelaksanaan Gotong Royong juga dimenangkan Kelurahan Manisrejo. Kelurahan Nambangan Kidul dan Kelurahan Pilangbango menjadi urutan terbaik selanjutnya.

‘’Kota kita sekarang sering mencuri perhatian nasional. Saya terima kasih sekali ASN Kota Madiun sudah bisa menjalankan instruksi dengan baik,’’ ujarnya.

Wali kota berharap lomba untuk dapat terus ditingkatkan. Harapnnya, agar kelurahan semakin terpacu dan berdaya. Selain itu, semakin menumbuhkan partisipasi dan kerukunan antar warga. Seperti kita ketahui, dalam lomba diperlukan kerja sama untuk menggapai tujuan di masyarakat. Salah satunya, terkait keamanan. Masyarakat harus saling bantu membantu untuk menciptakan kondusifitas di lingkungan masing-masing.

‘’Melalui lomba ini banyak manfaat yang didapat ya. Salah satunya, bisa menumbuhkan partisipasi dan kerukunan di masyarakat khususnya dalam pembangunan lingkungan. Kemajuan kota ini akan maksimal jika kelurahannya juga maju,’’ pungkasnya. (dspp/agi/diskominfo)