Jadi yang Terbaik di Tingkat Provinsi, Kota Madiun Wakil Provinsi Jatim di iBangga Award 2024 Tingkat Nasional




MADIUN – Kabar baik datang dari penilaian iBangga Award 2024. Kota Madiun berhasil menjadi yang terbaik di tingkat Jawa Timur terkait iBangga Award tersebut. Karenanya, Kota Pendekar berhak mewakili Jawa Timur untuk ke tingkat nasional.

Kabar baik itu mengemuka berdasar surat BKKBN Provinsi Jawa Timur nomor 293/PK.02.01/J.4/2024 tertanggal 17 April kemarin. Dalam surat perihal penetapan pemenang iBangga Award Provinsi Jawa Timur tahun 2024 tersebut Kota Madiun menempati urutan pertama. Setelahnya, ada Kota Surabaya, Kabupaten Lamongan, Kabupaten Malang, dan Kota Kediri. Kelima daerah itu memang sebelumnya mengikuti penilaian lapang yang dilaksanakan Maret hingga April lalu. Untuk Kota Madiun, penilaian lapang berlangsung 5 April kemarin.

‘’Untuk tahun kemarin juga ada. tetapi pelaksanaannya dari DP3AK Provinsi Jawa Timur dan hanya tingkat provinsi saja. Kita juara dua waktu itu. Juara satunya Kabupaten Lamongan,’’ kata Kepala Bidang Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana dan Keluarga Sejahtera Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana Kota Madiun, Muchaiyan, Kamis (25/4).

Untuk 2024 kali ini berbeda. iBangga Award juga diselenggarakan di tingkat nasional. Karena Kota Madiun berhasil menjadi yang terbaik, Kota Madiun berhak mewakili Jawa Timur di tingkat nasional. Muchaiyan menyebut belum ada informasi lebih lanjut terkaita jadwal penilaian pusat tersebut. Namun, kemungkinan besar penghargaan iBangga Award diberikan bersamaan dengan peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) sekitar Juni nanti.

‘’Tentunya penilaian sebelum peringatan Harganas itu. Tapi sampai saat ini belum ada kepastian kapan dan dimananya. Tetapi informasi sementara di Jawa Tengah,’’ ungkapnya.

Begitu juga dengan piagam penghargaan iBangga Award 2024 tingkat provinsi ini. Muchaiyan menyebut belum ada undangan untuk penerimaan penghargaan. Namun, besar kemungkinan juga pada saat peringatan Harganas tingkat Provinsi Jawa Timur. Penyelenggaraannya biasanya setelah peringatan Harganas tingkat nasional.

Muchaiyan optimis Kota Madiun bisa memberikan yang terbaik di tingkat national nanti. Pasalnya, dari nilai indikator pembangunan keluarga, nilai yang didapat Kota Madiun cukup bagus. Bahkan tertinggi ke empat nasional dengan nilai 68,89.

‘’Kalau hasil penilaian juri untuk tingkat provinsi kemarin memang tidak disertakan. Tetapi kalau dari nilai indikator pembangunan keluarga, kita nomor empat se-Indonesia,’’ pungkasnya. (vincent/agi/madiuntoday).