Ragam Inovasi UMKM / IKM Raup Berkah Di Bulan Ramadan (4)




Jadi Alternatif Hantaran Unik, Hampers Aglonema Buatan Eka Setyawati Banjir Orderan Lebaran

MADIUN – Hampers atau hantaran yang diberikan menjelang Lebaran dapat berupa apa saja. Banyak pula pelaku usaha yang berlomba-lomba menyediakan paket hampers yang cantik dan menarik. Namun jika ingin mencari sesuatu yang unik, hampers aglonema bisa menjadi salah satu alternatif.

Ya, hampers yang berisi tanaman aglonema itu bukan sesuatu yang mustahil. Bahkan, kini makin digemari. Salah satunya seperti diungkapkan oleh Eka Setyawati, owner Eka Florist Madiun sebagai penyedia hampers aglonema.

‘’Awalnya karena ada permintaan dari konsumen. Lalu, saya coba posting di Instagram, ternyata peminatnya banyak,’’ ujar istri dari Bagus Sulistyohadi itu, Senin (1/4).

Aglonema yang ditanam dalam pot itu dihias sedemikian rupa hingga berbentuk buket bunga. Harganya pun beragam menyesuaikan besar/kecilnya tanaman. Tarif yang dibanderol pun cukup terjangkau. Mulai Rp 35 ribu hingga Rp 200 ribu.

Menurut Eka, peminat hampers aglonema tidak hanya dari dalam kota saja. Melainkan, juga dari luar kota. ‘’Yang jadi favorit saat ini aglonema berdaun merah,’’ ungkap warga Jalan Kamboja, Kelurahan Oro-oro Ombo, Kecamatan Kartoharjo itu.

Bisnis aglonema sejatinya telah dijalani Eka dan suaminya sejak lima tahun lalu. Saat ini, ada 100 jenis aglonema yang tumbuh subur di kebunnya. Sehingga, bisa menjadi pilihan bagi konsumen yang menginginkan hampers berbeda.

Eka pun menambahkan, perawatan aglonema cukup mudah. Hanya dengan disiram air 3 hari sekali. Kemudian, diberi vitamin seminggu sekali. Serta, diletakkan di ruang terbuka atau teras rumah.

‘’Harapannya, pengembangan aglonema di Indonesia, khususnya di Kota Madiun bisa semakin digemari masyarakat. Karena selain daunnya yang cantik, aglonema juga dipercaya dapat menyerap polusi udara,’’ tandasnya. (WS Hendro/irs/madiuntoday)