Segudang Manfaat Bermain Bersama Ayah, Bantu Tingkatkan Kecerdasan Anak




MADIUN – Sosok ayah dalam keluarga memiliki peranan yang penting dan sangat vital. Ayah bagai nahkoda kapal yang menentukan arah keluarga berjalan. Tidak hanya pencari nafkah, peran ayah dalam pengasuhan memberikan dampak signifikan terhadap tumbuh kembang anak.

Salah satu hal yang bisa ayah lakukan untuk mendukung tumbuh kembang anak adalah bermain bersamanya. Sebagaimana dilansir dari HaiBunda.com, setidaknya ada tujuh manfaat bermain bersama ayah bagi anak.

1. Menguatkan hubungan emosional
Saat bermain, interaksi positif menciptakan kepercayaan dan rasa keterhubungan yang kuat. Sehingga, bisa semakin mempererat hubungan emosional antara ayah dan anak.

2. Meningkatkan keterampilan sosial
Saat bermain, anak mengembangkan berbagai keterampilan. Seperti, berbagi, bekerja sama, hingga berkomunikasi dengan orang lain. Hal ini penting untuk mempersiapkan keterampilan sosialnya ke depan.

3. Pembelajaran nilai-nilai positif
Bermain bersama ayah memberikan kesempatan bagi anak untuk belajar nilai-nilai positif. Misalnya, nilai kejuuran, rasa hormat, dan kerja sama. Ayah dapat memberikan contoh perilaku positif dan mengajarkan anak tetap etika dan moralitas.

4. Meningkatkan kreativitas anak
Bermain bersama ayah membuat anak berpikir kreatif dan menggunakan imajinasi mereka. Hal ini penting untuk membantu mereka mengembangkan kemampuan berpikir.

5. Meningkatkan keterampilan motorik
Saat bermain, keterampilan motoric anak juga meningkat. Apalagi, jika permainan yang dilakukannya merupakan kegiatan fisik. Hal itu dapat membantu anak mengembangkan koordinasi mata-tangan, keseimbangan, dan keterampilan motorik kasar.

6. Belajar menyelesaikan masalah
Melalui permainan, anak-anak belajar untuk menghadapi tantangan dan menyelesaikannya. Kegiatan ini juga melatih fokus dan ketekunan mereka untuk memecahkan masalah.

7. Mengurangi stress dan meningkatkan kesejahteraan emosional
Bermain bersama ayah dapat menurunkan tingkat stres anak. Aktivitas ini juga meningkatkan kesejahteraan emosionalnya karena merasa senang dan dicintai saat bermain bersama ayah.
(WS hendro/irs/madiuntoday)