Mengenal Aquaplaning Biar Tidak Gulung Koming Saat Berkendara di Musim Hujan




MADIUN - Musih hujan telah tiba, maka perlu kewaspadaan dalam berkendara. Apalagi bagi pengguna sepeda motor. Sebab, selain bisa basah kuyup terkena hujan, banyak ditemukan genangan air yang bisa menyebabkan tergelincir atau yang biasa disebut dengan aquaplaning.

Aquaplaning adalah kondisi dimana ban kendaraan melewati genangan air tapi dalam keadaan mengambang atau tidak sepenuhnya menyentuh jalan. Akibatnya, ban motor yang akan kehilangan traksi. Pada situasi tersebut, para pengendara motor dapat kehilangan kendali yang bisa berujung kecelakaan.

Tak hanya rolling (tergelincir) seperti mobil, pengguna sepeda motor bisa saja terjatuh karena menerjang genangan air dengan kecepatan tinggi karena efek aquaplaning. Biasanya, kondisi aquaplaning terjadi pada pengendara dengan kecepatan tinggi saat melewati genanngan. Tak hanya itu, ban motor yang gundul juga bisa jadi salah satu faktor terjadinya kondisi tersebut.

Maka dari itu, untuk menghindari aquaplaning hal yang harus diperhatikan di antaranya adalah mengurangi kecepatan kendaraan dalam kondisi hujan atau ketika melewati permukaan jalan yang basah. Selain itu, sebelum berkendara sebaiknya selalu mengecek kondisi ban untuk mengurangi resiko aquaplaning.
(ws hendro/kus/madiuntoday)