Berlaga Di Pangdivif 2 Cup 2023, Andhin Jadi Perempuan Pertama Di Kota Madiun Yang Dulang Prestasi Di Cabor Menembak




MADIUN - Andhin Nafilla Putri Ashari patut berbangga. Pelajar kelas XI SMAN 1 Kota Madiun itu menjadi perempuan pertama di Kota Pendekar yang berhasil mendulang prestasi pada cabang olahraga menembak. Yakni, pada Kejuaraan Menembak Pangdivif 2 Cup tahun 2023 di Malang pada 12 November lalu.

Dalam perlombaan tersebut, Andhin berlaga di kategori Benchrest WRABF 25 Meter-Pelajar. Pada lomba tingkat nasional itu, Andhin berhasil meraih juara 3.

"Pastinya senang dan tidak menyangka," ujarnya saat ditemui di sekolah, Selasa (14/11).

Padahal, latihan menembak baru dilakoninya setahun terakhir karena tawaran sang ayah. Karena senang mencoba hal baru, Andhin pun mengikuti saran sang ayah.

Mulanya, latihan menembak ini dilakoni putri sulung Serda Ashar Siswanto dan Heny Triwahyuni itu untuk menambah hobi. Juga, mendukung cita-citanya untuk menjadi bagian dari Korps Wanita Angkatan Darat (Kowad) setelah lulus SMA nanti. Tak disangka, justru hobi baru itu sukses mendatangkan prestasi.

Bakat Andhin diketahui oleh sang pelatih. Yakni, Peltu Purwandoko, prajurit AURI dan Kopda Bambang Eko dari Yonif Para Raider 501 Bajra Yudha. Keduanya melihat Andhin memiliki potensi untuk diikutkan lomba.

Sebelum Pangdivif 2 Cup, Andhin telah mengikuti sejumlah kejuaraan menembak. Namun, prestasi baru diraihnya dalam kejuaraan menembak yang diselenggarakan oleh Persatuan Menembak Indonesia (Perbakin) Jombang.

"Waktu itu dapat juara 3," kenang perempuan kelahiran 1 Januari 2007 itu.

Kemudian, Andhin menjajal kemampuan dalam Porprov 2023 September lalu. Meski tidak berhasil naik ke podium, namun Andhin sukses masuk lima besar. Bahkan, selisih nilainya sangat tipis dengan peraih juara 3.

Kini, Andhin semakin bersemangat untuk berlatih. Tak hanya belajar melubangi target dengan senapan angin PCP saja. Tapi, dia juga berlatih dengan senapan api baru-baru ini.

"Tentunya ingin terus mengasah keterampilan dan bisa meraih cita-cita menjadi prajurit tentara Indonesia," pungkasnya. (WS Hendro/irs/madiuntoday)