berita - Details

Beranda Berita Details

Pastikan Titik Center Miniatur Monas, Wali Kota Cek Langsung Lokasi Pembangunan





Galeri Berita

Pastikan Titik Center Miniatur Monas, Wali Kota Cek Langsung Lokasi Pembangunan




MADIUN – Pembangunan miniatur Monumen Nasional (Monas) di Alun-alun Kota Madiun terus berjalan. Wali Kota Madiun, Maidi kembali meninjau lokasi pembangunan, Senin (2/10). Orang nomor satu di Kota Pendekar tersebut ingin memastikan titik center sebelum pembangunan dikerjakan.

‘’Hari ini pak wali datang meninjau untuk memastikan titik centernya. Hasilnya tadi sudah pas. Artinya, pembangunan sudah bisa langsung tancap gas,’’ kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Madiun, Thariq Megah.

Thariq memang mendampingi wali kota. Tidak hanya dia, ada juga Kepala Dinas Perkim, Jemakir juga Sekretaris Bapedalitbangda Kota Madiun, Agus Tri. Maklum, pembangunan replika Tugu Monas tersebut memang berasal dari dana Corporate Social Responsibility (CSR) Perusahaan Bumi Sukess Jaya. Yakni, perusahaan yang membangun Ibis Hotel di depan SMPN 2 Kota Madiun.

‘’Untuk Monas ini memang ada perubahan lokasi. Dari yang di Jalan Kolonel Marhadi, kemudian pindah ke tengah alun-alun,’’ ujarnya.

Ya, pembangunan replika Monas pada awalnya direncanakan di median tengah pertemuan Jalan Kolonel Marhadi dengan Jalan Agus Salim. Namun, usai Wali Kota Maidi berkunjung ke Amerika Serikat dan melihat monumen Washington D.C. titik pembangunan replika Monas tersebut juga diubah. Yakni, tepat di tengah panggung bundar di tengah Alun-alun tersebut.

Tak hanya itu, Pemerintah Kota Madiun saat ini juga tengah mengerjakan pembangunan tiga ikon lain di kawasan wisata Sumber Wangi. Yakni, kincir angin Belanda, menara jam Big Ben Inggris, dan Patung Liberty, Amerika. Kincir angin Belanda dan menara jam Big Ben Inggris bersumber dari APBD. Sedangkan, Patung Liberty yang dibangun dari dana sharing antara APBD dan CSR. Ikon-ikon tersebut diyakini akan menambah magnet di kawasan Pahlawan Street Center (PSC). Tepatnya, di Taman Sumber Wangi. (dspp/agi/madiuntoday)


Galeri Berita