Jelang PPDB, Pj. Wali Kota Pastikan Mutu Semua Sekolah Baik




MADIUN - Tahapan awal penerimaan peserta didik baru (PPDB) untuk tahun ajaran 2024 / 2025 jenjang SD dan SMP negeri akan mulai dilaksanakan 17 Mei mendatang. Yakni, pengambilan PIN oleh calon peserta didik baru.

Adapun pengambilan PIN dilakukan di sekolah asal untuk pendaftar dari dalam kota. Sedangkan, untuk pendaftar dari luar kota dapat melakukannya di salah satu sekolah yang dituju sampai dengan batas akhir pendaftaran.

Untuk itu, Pj. Wali Kota Madiun Eddy Supriyanto mengimbau agar pihak terkait, khususnya Dinas Pendidikan, agar mempersiapkan berbagai tahapan PPDB dengan optimal.

"Aturan sudah dibuat, maka mari tegakkan aturan sebagaimana yang telah disusun oleh Dinas Pendidikan," ujarnya, Senin (13/5).

Dalam kesempatan itu, Pj. wali kota berpesan agar seluruh pihak dapat mengikuti prosedur pendaftaran PPDB sebagaimana mestinya. Serta, tidak mentoleransi oknum-oknum yang ingin melakukan kecurangan.

Tahun ini, sejumlah aturan PPDB pun mengalami perubahan. Salah satunya, data diri calon peserta didik yang harus berada dalam satu KK dengan orang tua/wali murid yang namanya tercantum di rapor jenjang pendidikan sebelumnya.

Dalam PPDB tahun ini, Dinas Pendidikan menyiapkan sejumlah jalur masuk. Untuk jenjang SD ada jalur pindah tugas orang tua, afirmasi, zonasi, dan luar zonasi.

Sedangkan, untuk jenjang SMP ada jalur prestasi rapor, jalur prestasi lomba, pindah tugas orang tua, afirmasi, dan zonasi.

Selain itu, Pemkot Madiun juga memberikan golden ticket bagi hafidz qur'an bersertifikat. Juga, membuka kesempatan bagi warga luar Kota Madiun untuk bersekolah di Kota Madiun melalui jalur khusus di 10 SDN dan 4 SMPN.

"Semua sekolah di Kota Madiun mutunya bagus. Tidak ada yang jelek. Tidak usah khawatir tidak dapat sekolah," tandasnya. (Ws hendro/irs/madiuntoday)