Perbaikan Trotoar Dimulai, Ada Delapan Titik di APBD Murni Tahun Ini




MADIUN – Perbaikan trotoar untuk tahun anggaran ini mulai berjalan. Setidaknya, ada delapan titik fokus perbaikan. Seperti trotoar di Jalan Diponegoro dan di Jalan Bolodewo ini. Kabid Bina Marga DPUPR Kota Madiun Agus Tri Sukamto menyebut rata-rata pekerjaan di angka 15-30 persen.

‘’Ada dua tahap kemarin. Tahap kedua baru berkontrak sedang tahap pertama baru bisa mulai dari H+7 lebaran kemarin. Kalau di rata-rata ya 15-30 persen,’’ katanya, Rabu (8/5).

Selain di dua titik di atas, enam lainnya trotoar di Jalan Imam Bonjol, Tanjung Raya, Setia Budi, Sedoro, Urip Sumoharjo, dan D.I Panjaitan. Rata-rata panjang trotoar yang diperbaiki mencapai 320 meter. Biarpun progres masih di bawah 30 persen, Agus menyebut masih sesuai jadwal yang sudah ditetapkan.

‘’Insyaallah dari schedule rencana masih on progres,’’ ungkapnya.

Agus menambahkan jenis pekerjaannya beragam. Namun, mayoritas di penggantian kanstin biasa ke kanstin S. Selain itu juga ada pembenahan plat dan keramik yang rusak. Perbaikan trotoar ini memang bukan pelebaran seperti di jalan jantung kota. Namun, perbaikan di jalan-jalan kecil. Karena itu, anggarannya juga tidak besar. Anggaran masing-masing titik di bawah Rp 200 juta. Karenanya, menggunakan sistem penunjukan langsung.

‘’Mengacu arahan pimpinan, trotoar yang bagus tidak hanya di jantung kota. Tetapi juga di jalan-jalan lain,’’ terangnya.

Selain perbaikan trotoar, pihaknya juga tengah mengerjakan pelebaran bahu jalan dan pengecoran jalan. Setidaknya ada lima titik yang tengah berjalan saat ini. Untuk progresnya juga nyaris sama.

‘’Kita juga ada satu pekerjaan jembatan tahun ini. Yakni, di Jalan Sari Mulya Gang Masjid,’’ pungkasnya. (ney/agi/madiuntoday)