Mulai Musim Panen, Inflasi April 2024 Kota Madiun Terpantau Stabil




MADIUN – Inflasi Kota Madiun terpantau cukup landai di angka 0,09 persen pada April 2024. Padahal, angka inflasi cukup tinggi mencapai 0,66 persen pada bulan sebelumnya.

Hal ini, menurut Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Madiun, salah satunya dipengaruhi oleh musim panen sejumlah komoditas hortikultura.

‘’Karena panen, stok melimpah. Sehingga, harga mengalami penurunan,’’ ujar Kepala BPS Kota Madiun Abdul Aziz, Senin (6/5).

Berdasarkan data BPS, sejumlah komoditas yang mengalami penurunan harga sehingga menekan inflasi di Kota Madiun antara lain beras, telur ayam ras, cabai rawit, jeruk, pisang, tauge/kecambah, cabai merah, ketimun, daging ayam ras, dan buncis.

‘’Panen raya padi pada April 2024 telah memberikan dampak signifikan pada penurunan harga beras di Kota Madiun,’’ imbuhnya.

Meski begitu, sejumlah komoditas juga mengalami kenaikan harga hingga memicu inflasi di Kota Madiun. Misalnya seperti pemberlakuan tarif Lebaran pada beberapa moda transportasi. Juga, kenaikan harga emas di pasar internasional yang terus terjadi sejak Maret hingga April sehingga memberikan dampak signifikan pada kenaikan harga emas perhiasan.

Begitu pula kenaikan harga bawang merah di Kota Madiun yang mencapai 47,74 persen dan memberikan andil inflasi sebesar 0,19 persen. (ney/irs/madiuntoday)