Gencar Berantas Sarang Nyamuk, Pemkot Madiun Ajak Warga Lakukan PSN Serentak Besok...




MADIUN - Pencegahan penularan kasus demam berdarah dengue (DBD) terus digalakkan oleh Pemerintah Kota Madiun. Untuk itu, pemkot mengajak masyarakat agar melaksanakan aksi pemberantasan sarang nyamuk (PSN) secara serentak pada Rabu (24/4).

Hal ini sebagaimana surat edaran Sekretariat Daerah Kota Madiun yang ditandatangani oleh Sekda Kota Madiun, Soeko Dwi Handiarto pada Senin (22/4). Aksi PSN akan dilaksanakan besok mulai pukul 07.00.

"Dalam rangka mengantisipasi penularan kasus DBD di Kota Madiun, dibutuhkan partisipasi semua pihak dalam kewaspadaan dan pengendalian DBD," tuturnya.

Kasus DBD tahun ini memang cukup menyita perhatian. Apalagi, terjadi peningkatan kasus dari tahun sebelumnya. Pada 2023, jumlah penderita mencapai 144 kasus dengan 1 kematian. Sedangkan, mulai Januari hingga 17 April 2024 terjadi 228 kasus dengan dua kematian.

Untuk itu, gerakan PSN dibutuhkan untuk mencegah wabah semakin meluas. Baik di lingkungan institusi, UPT, sekolah, hingga masyarakat.

Adapun PSN dapat dilakukan dengan fokus pemberantasan sarang nyamuk baik di dalam maupun luar ruangan. Seperti, vas bunga, air minum burung, tempat penampungan dispenser, kolam ikan tidak terpakai, botol atau ban bekas di sekitar rumah, atau tempat penampungan air bersih lainnya.

"Jadwal pelaksanaan selanjutnya untuk keberlangsungan kegiatan PSN dapat dilaksanakan saat Jumat Bersih pada lingkungan institusi dan Minggu Bersih pada lingkungan permukiman," tandasnya. (Rams/dinkesPPKB/irs/madiuntoday)