Pasokan Darah Menipis, PMI Kota Madiun Ajak Masyarakat Lakukan Donor Darah




MADIUN - Stok darah di Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Madiun menipis. Hal itu diketahui dari pengumuman yang diunggah di instagram @uddpmikotamadiun Kamis (18/14) kemarin.

Dalam poster yang diunggah menuliskan bahwa stok darah untuk semua golongan darah di UDD PMI Kota Madiun saat ini sedang sangat menipis. Pihaknya mengimbau agar masyarakat untuk segera donor darah.

Hal tersebut dibenarkan oleh Kepala Pelayanan UDD PMI Kota Madiun, Dwi Santoso. “Kondisi ini memang menipis. Idealnya per hari ada 50 kantong, kecuali golongan darah AB 25 kantong sudah cukup,” ungkapnya, Jumat (19/4).

Namun, lanjutnya, saat ini stok darah di bawah standar ideal. Berdasarkan data per Kamis (18/4) stok darah untuk golongan darah A sebanyak 32, B sebanyak 51, O sebanyak 22, dan AB 6.

“Menipisnya stok darah bisa jadi karena permintaan darah banyak dan para pendonor belum sepenuhnya kembali dari momen lebaran,” akunya.

Terkait menipisnya jumlah pasokan darah, Dwi mengatakan pihaknya bakal melakukan jemput bola untuk para pendonor. Jadwal terdekat mereka bakal melakukan donor darah pada Sabtu (20/4) di Pahlawan Street Center (PSC).

“Kami juga mengimbau kepada masyarakat ayo donor darah. Bagi yang ingin mendonorkan darahnya silahkan bisa langsung datang ke unit transfusi darah PMI Kota Madiun yang ada di Jalan Bali no 41. Jam buka pelayanan mulai pukul 07.00-21.00,” tutupnya.
(Dspp/kus/madiuntoday)