Ingin Khatam Al Quran selama Ramadan? Ternyata Segini Halaman/Juz yang Harus Dibaca Tiap Hari




MADIUN - Bulan Ramadan jadi momentum untuk memperbanyak amal dan ibadah. Selain puasa, umat muslim bisa mengumpulkan banyak pahala dengan bersedekah dan khatam Al Quran selama bulan suci.

Namun, ada pertanyaan yang sering muncul, berapa halaman atau juz yang sebaiknya dibaca setiap harinya untuk mencapai tujuan mulia ini.

Umat Islam mendapat kemudahan untuk menyelesaikan bacaan Al Quran pada bulan Ramadan. Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Kemenag, Adib, dikutip dari kompas.com mengatakan, pembagian Al Quran menjadi 30 juz salah satu hikmahnya adalah agar dapat dikhatamkan dalam satu bulan atau 30 hari.

“Al Quran terdiri dari 30 juz yang setiap juz terbagi menjadi dua hizb. Setiap hizb memiliki empat maqra atau berarti satu juz Al Quran berisikan delapan maqra.  Hizb adalah penanda khusus berupa huruf hijaiyah ha yang membagi dua seluruh bacaan Al Quran agar selesai dibaca selama enam puluh hari,” jelasnya.

Sementara, lanjutnya, maqra adalah sub-pembahasan dalam Al Quran yang biasanya ditandai dengan huruf ain di kiri atau kanan halamannya. Maqra, katanya, bertujuan untuk membagi bacaan satu juz Al Quran saat shalat. Satu bagian maqra dapat dibaca dalam setiap dua rakaat pertama shalat Dhuhur, Ashar, Maghrib, dan Isya.

"Hal itu menjadi tradisi di kalangan para penghafal Al Quran untuk selalu dapat murajaah (menghafal) hafalannya melalui salat lima waktu," lanjutnya.

Adib menambahkan, namun hal tersebut tidak berlaku saat shalat Subuh. Umat Islam lebih dianjurkan membaca surah Al Quran lainnya dan tidak melanjutkan bacaan dari shalat lainnya ketika shalat Subuh. Pembagian Al Quran ini, terangnya, dibuat berdasarkan hasil ijtihad atau proses penetapan hukum syariat dari para ulama sekitar abad 2 Hijriyah.
Tujuannya untuk memudahkan dalam tadarus dan murajaah hafalan Al Quran.

"Jadi kalau ingin mengkhatamkan bacaan Al Quran dalam satu bulan Ramadan dapat mengikuti tradisi tersebut," jelasnya.

Tak hanya itu, ada pendapat lain yang mengatakan agar bisa khatam Al Quran selama puasa juga bisa dilakukan dengan membagi bacaan Al Quran menjadi sepuluh lembar sehari. Dua lembar Al Quran dapat dibaca setiap waktu shalat.

Rinciannya, jumlah lembaran Al Quran yang perlu dibaca setiap hari agar khatam pada akhir Ramadan. Subuh baca 4 halaman, Dzuhur baca 4 halaman, Ashar baca 4 halaman, Maghrib baca 4 halaman, Isya baca 3 halaman. Atau, bisa khatam Al Quran pada bulan Ramadan jika setiap hari membaca satu juz yang terdiri dari 10 lembar.

Jadi banyak opsi untuk bisa katam Al-Quran selama Ramadan. Umat Islam tinggal memilih sesuai dengan kemampuan dan kenyamanan tiap individu.
(ws hendro/kus/madiuntoday)