Rayakan Anniversary ke-6, Ceria Center Skrining Tumbuh Kembang Puluhan Anak di Kota Madiun




MADIUN - Tumbuh kembang anak harus dikawal dengan baik oleh para orang tua. Baik untuk anak yang masih berada di fase golden age (0-5 tahun), atau yang sudah duduk di bangku sekolah.

Menyadari pentingnya hal itu, Ceria Center Madiun menggelar skrining tumbuh kembang gratis. Kegiatan ini dilangsungkan juga untuk merayakan anniversary ke-6 Ceria Center.

"Supaya orang tua dan guru mengetahui bahwa skrining tumbuh kembang anak juga bagian dari proses pembelajaran anak," ujar Anita Nurrul Febrianti, pimpinan Ceria Center Madiun, Sabtu (9/12).

Skrining ini, lanjut Anita, menyasar siswa dan siswi SD. Ada beberapa poin yang dinilai. Di antaranya intelegensi, motorik kasar, motorik halus, dan fokus anak.

"Total pesertanya ada 50 anak, dari SD negeri di Kota Madiun," terangnya.

Rupanya, dari skrining ini, ditemukan ada beberapa kasus gangguan tumbuh kembang. Di antaranya, autism spectrum disorder atau ASD, attention deficit hyperactivity disorder atau ADHD, dan gangguan belajar.

"Hasil dari temuan ini kemudian disampaikan kepada orang tua dan guru di sekolah, supaya menjadi pedoman dalam membimbing tumbuh kembang anak yang bersangkutan," kata Anita.

"Sebab, setiap anak berhak mendapat masa depan yang cerah. Maka lingkungannya harus mendukung dengan cara apapun. Salah satunya dengan segera menangani gangguan-gangguan perkembangan seperti ini," pungkasnya.
(Rams/kus/madiuntoday)