Sabet SAKIP Predikat A, Wali Kota Dr. Maidi Terima Penghargaan Langsung dari Wapres




BALI – Kinerja birokrasi di Pemerintah Kota Madiun pada era kepemimpinan Wali Kota Maidi terbukti sangat baik. Hal itu dibuktikan dengan capaian nilai Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) dengan predikat A tahun ini. SAKIP dengan Predikat A dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi dan Birokrasi (KemenPAN RB) RI merupakan harapan Wali Kota Madiun, Dr. Maidi dalam tujuh tahun terakhir.

‘’Saya sewaktu Sekda dulu, SAKIP Kota Madiun dapat nilai B. Saya sangat ingin mewujudkan nilai A, dan Alhamdulillah terwujud sekarang,’’ kata Wali Kota Maidi, Rabu (6/12).

Penyerahan nilai SAKIP tersebut berlangsung di Nusa Dua, Bali, Rabu (6/12). Piagam SAKIP diberikan langsung Wakil Presiden Republik Indonesia Ma’ruf Amin. SAKIP adalah Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan, dimana sistem ini merupakan integrasi dari sistem perencanaan, sistem penganggaran dan sistem pelaporan kinerja, yang selaras dengan pelaksanaan sistem akuntabilitas keuangan. Dengan diraihnya predikat A tersebut, berarti menunjukkan kinerja aparatur di Pemerintah Kota Madiun sangat baik.

Prestasi tersebut tentunya tak lepas dari komitmen Wali Kota Madiun, Dr. Maidi yang terus mendorong jajarannya melakukan integrasi sistem perencanaan, sistem penganggaran dan sistem pelaporan kinerja yang selaras dengan pelaksanaan sistem akuntabilitas keuangan.

“Keberhasilan ini (SAKIP A,red) adalah kerja keras bersama seluruh OPD di lingkup Pemkot Madiun,” ungkap wali kota.

Setelah penghargaan ini, lanjutnya, Pemkot Madiun tentu tak akan berpuas diri. Prestasi yang didapat pastinya akan dipertahankan, jangan sampai mengalami penurunan. Bahkan pihaknya bersama OPD lain, akan berupaya mencapai predikat tertinggi yakni SAKIP AA.

“Bukan tidak mungkin kita bisa mendapat SAKIP AA pada tahun berikutnya,” ujarnya.

Secara bertahap, keinginan ini bisa dilakukan dengan mengoptimalkan sistem digitalisasi yang saat ini sebagian besar sudah diterapkan di lingkup Pemkot Madiun. (ws hendro/kus/madiuntoday)