berita - Details

Beranda Berita Details

Bersama Disdag, PPI Siapkan 500 Kilogram Beras Selama Gelar Operasi Pasar





Galeri Berita

Bersama Disdag, PPI Siapkan 500 Kilogram Beras Selama Gelar Operasi Pasar




MADIUN - Gejolak harga bahan pokok khususnya telur dan beras di pasar tradisional direspons oleh Pemkot Madiun. Tak hanya menggelar operasi pasar (OP) telur murah, pemkot setempat juga menggelar OP beras murah.

Operasi pasar digelar oleh Dinas Perdagangan bekerjasama dengan Perusahaan Perdagangan Indonesia (PPI). Seperti diketahui, saat ini beras medium di harga Rp 12.000 per kilogram. Sementara beras yang dijual di OP dihargai Rp 10.900.

Supervisor Komersial PT PPI Zainudin Oky wijaya mengatakan, dalam sehari pihaknya menyediakan beras sebanyak 500 kilogram, sedangkan telur sebanyak 100 kilogram per harinya.

“Itu tergantung pembelian masing-masing masyarakat. Jika habis kita tambah, tidak ya tidak ada masalah. Selama harga di pasaran masih tinggi kami bersama Dinas Perdagangan, operasi pasar tetap dilakukan,” jelasnya, Senin (22/5).

Sementara itu, Analis Perdagangan Ahli Muda Dinas Perdagangan Kota Madiun, Tri Prasetyaningrum mengatakan bahwa keberadaan operasi beras diperlukan sebab, selain telur, salah satu pemicu inflasi adalah beras yang saat ini mengalami kenaikan harga.

“Tidak ada syarat dalam pembelian, tapi ada batasan untuk beras maksimal beli satu sak berisi 5 kilogram, sementara untuk telur maksimal 1 kilogram,” ungkapnya.

Operasi pasar, imbuhnya, masih akan terus dilakukan selama harga belum stabil. “Karena itu kebutuhan primer. Kemungkinan untuk beras masih kita laksanakan. Kita menunggu harga pasar. Ketika sudah stabil sesuai aturan Bapanas, operasi pasar akan selesai,” terangnya.

Adanya operasi pasar beras dan telur disambut antusias oleh warga. Sejak pukul 09.00 warga antri di depan mobil logistik yang diparkir di depan Pasar Besar Kota Madiun. Seperti Pur, warga Kelurahan Demangan ini rela datang pagi untuk mendapatkan beras dan telur harga murah.

“Tahu dari media sosial infonya. Sedikit banyak membantu saya bisa dapat beras dan telur dengan harga murah,” akunya.
(Dspp/kus/madiuntoday)


Galeri Berita