Cerita Ye Mei Fung, Anggota Linmas Muda Asal Kelurahan Nambangan Lor




MADIUN - Tak ada gengsi yang terpancar dari wajah Ye Mei Fung. Dengan tegap dan penuh percaya diri, dirinya mengenakan seragam hijau khas Linmas lengkap dengan atribut topi di kepala, sembari menjaga keamanan dan ketertiban lingkungan sekitar.

“Kenapa harus gengsi, ini pekerjaan mulia. Jadi garda terdepan menjaga keamanan dan ketertiban lingkungan,” ungkap gadis yang bernama asli Maria Lourdesia, saat ditemui usai acara Kota Kita di Kelurahan Nambangan Lor, Minggu (7/5).

Gadis berusia 23 tahun itu mengaku bergabung menjadi anggota Linmas di kelurahannya sejak 2019 lalu. Saat itu usianya baru menginjak 19 tahun saat menerima ajakan dari salah seorang tetangga untuk membantu menjaga keamanan dan ketertiban gelaran Pemilu pada tahun itu.

“Waktu itu masih kuliah, diajak untuk bantu tugas Pemilu. Saya oke saja selama kegiatan positif dan bisa menambah pengalaman,” akunya.

Banyak suka duka yang dirasakannya selama mengabdi menjadi anggota Linmas. Mulai dari dipandang sebelah mata oleh orang lain, hingga mendapat banyak relasi mulai dari Satpol PP, Polisi, hingga TNI.

“Ada yang bilang kok mau jadi Linmas. Apalagi saya keturunan Chinese jarang sekali ada yang jadi Linmas. Tapi saya santai saja, selama yang saya kerjakan positif dan menambah pengalaman saya kenapa tidak,” ucapnya,

Sarjana Psikologi dari Universitas Widya Mandala ini mengaku selama menjadi Linmas, kedisiplinan dan tanggung jawabnya lebih terasah. Pasalnya disana dia diajarkan baris berbaris, bela diri dasar, dan juga terbiasa bertemu dengan banyak orang.

Tak hanya menjadi anggota Linmas, gadis yang tinggal di Jalan Cendrawasih, Kelurahan Nambangan Lor ini juga memiliki seabrek aktivitas. Selain menjadi Linmas, dirinya juga berprofesi sebagai teller di salah satu bank dan juga aktif di dunia modeling dan wedding organizer.

“Selagi masih muda cari pengalaman sebanyak-banyaknya. Tidak usah mendengarkan orang mau ngomong apa, asal itu positif dan baik untuk kita lakukan saja,” tutupnya.
(Dspp/kus/madiuntoday)