Manfaat Halal Bihalal, Tradisi Tahunan Yang Membuat Rindu Kampung Halaman




MADIUN - Kegiatan halal bihalal selalu tak dapat dipisahkan dari perayaan Idul Fitri. Kegiatan ini pula yang menjadi alasan seseorang untuk melakukan mudik Lebaran. 

Salah satunya seperti acara yang diselenggarakan oleh STIE Malangkucecwara (ABM 88) yang tahun ini dilaksanakan di Kota Madiun. 

Meski erat dengan kegiatan keagamaan, rupanya halal bihalal bukan berasal dari Arab. Namun, tradisi yang membudaya di Indonesia. 

Selain bagian dari budaya, kegiatan halal bihalal memiliki manfaat tersendiri. Hal ini seperti dijelaskan oleh Dr. KH. Reza Ahmad Zahid saat mengisi tausiyah di Masjid Pondok Abi Bahrun Madinatul Jannah beberapa waktu lalu. Setidaknya, ada tiga manfaat halal bihalal seperti dijelaskan oleh Rasulullah SAW. kepada umatnya. 

1. Mempererat kasih sayang antar sesama
Melalui halal bihalal, seseorang dapat mempererat hubungan persaudaraan dengan sesama. Hal itu juga dapat memperkuat hubungan agar selalu harmonis. 

2. Mendekatkan yang jauh
Halal bihalal dapat semakin mendekatkan hubungan antar sesama. Sehingga yang tadinya jauh menjadi lebih dekat. 

3. Mendapatkan Ridha Allah SWT
Segala kegiatan yang dilandaskan dengan niat tulus akan mendapatkan ridha dari Allah SWT. Karenanya, diharapkan seluruh umat muslim senantiasa melaksanakan perintah Allah SWT. Salah satunya, menjaga silaturahim. Serta, menghindarkan diri dari yang bathil. 

Selain tiga hal di atas, Dr. KH. Reza Ahmad Zahid juga mengungkapkan bahwa halal bihalal bisa mengenalkan dan mengingatkan seseorang terhadap sejarah masa lalu dan leluhurnya. Dengan begitu, tidak akan mudah terpengaruh dengan ideologi maupun radikalisme yang negatif. (Ws hendro/irs/madiuntoday)