Bukan Dengan Garam, Bahan Sederhana Ini Lebih Ampuh Usir Ular




MADIUN – Saat melakukan kegiatan di luar ruangan, contohnya berkemah, tak jarang seseorang diminta menaburkan garam di sekitar tenda untuk menghindari ular. Namun, benarkah ular takut dengan garam?

Moch Surawi, anggota Komunitas Bolo Reptil Madiun (Brem) mengungkapkan bahwa ular sejatinya tidak takut garam. Hal ini dikarenakan sekujur tubuh ular dilapisi sisik. Sehingga, taburan garam tidak akan berpengaruh pada ular. Tidak seperti hewan lunak lainnya.

Sebagai gantinya, Surawi memberikan contoh bahan sederhana yang dapat digunakan untuk mengusir ular. Salah satunya, parfum. ‘’Wewangian seperti parfum, kapur barus, dan pengharum ruangan sangat tidak disukai ular,’’ ujarnya, Kamis (6/4).

Aroma wewangian dapat mengganggu kerja organ vemeronasal yang ada di sekitar mulur dan lidah ular. Atau, yang biasa disebut dengan Jacobson. Karena itu, ular akan pergi menjauh jika mencium aroma wangi.

Selain parfum, bahan sederhana lainnya yang dapat mengusir ular adalah karbol. Atau, cairan untuk mengepel lantai. Prinsipnya sama seperti parfum. Aroma karbol yang wangi akan mencegah ular mendekat.

Sedangkan jika kondisinya mendesak dan ular sudah terlanjur masuk ke dalam rumah, diperlukan alat-alat khusus untuk menangkapnya. Seperti hook dan grabstick. Atau, tongkat penjepit. namun, jika alat-alat tersebut tidak ada, dapat menggunakan peralatan sederhana di rumah. ‘’Misalnya, tongkat kayu, sapu, dan karung,’’ ucapnya.

Tongkat atau sapu digunakan untuk mengalihkan perhatian ular. Kemudian, tangkap hewan melata tersebut dari ekornya. Setelah itu, masukkan ke dalam karung.

Meski begitu, Surawi mengatakan bahwa upaya penangkapan ular sangat berbahaya. Apalagi, jika ular yang ditemui tersebut berbisa. Karena itu, Relawan Pemadam Kebakaran Kota Madiun itu mengimbau masyarakat untuk melaporkan kepada petugas yang ahli jika menemui ular di dalam rumah.

‘’Kami dari komunitas maupun relawan damkar selalu siap membantu masyarakat,’’ tandasnya. (Ney/irs/madiuntoday)