Jangan Asal Coba, Olahraga Ekstrem Butuh Persiapan Ekstra




MADIUN – Sebagian orang yang menyukai tantangan cenderung tertarik dengan olahraga ekstrem. Misalnya, seperti motor trail, mountain bike, panjat tebing, dan sebagainya. Hal ini tak lepas dari sensasi yang ditimbulkan dari kegiatan memacu adrenalin tersebut.

Namun, menekuni olahraga ekstrem tentunya membutuhkan persiapan yang lebih matang. Sebab, jika salah melakukannya, justru bisa membawa dampak yang fatal.

Adapun persiapan yang bisa dilakukan sebelum menekuni olahraga ekstrem yaitu sebagai berikut :

1. Mematuhi instruksi ahli
Kiat-kiat dari seorang ahli merupakan hal penting sebelum memulai olahraga ekstrem. Dengan begitu, bisa menjadi acuan untuk menimbang antara tingkat kepuasan dan resiko yang ditimbulkan dari kegiatan tersebut. Sehingga, bisa menjadi bahan pertimbangan sebelum melanjutkan mencoba.

2. Perhatikan persyaratannya
Melakukan olahraga ekstrem tentunya memiliki batasan tertentu. Seperti usia, kondisi kesehatan, hingga spesifikasi alat yang dibutuhkan. Pastikan semuanya sudah memenuhi persyaratan sebelum lanjut mencoba.

3. Gunakan perlengkapan sesuai standar
Bagi pemula, penting untuk memenuhi semua perlengkapan yang sesuai standar untuk meminimalisasi kecelakaan. Misalnya pada olahraga motor trail. Selain performa motor yang prima, juga dibutuhkan helm, body protector, brace neck, sepatu boot, google atau kacamata khusus trail, dan pakaian offroad sebagai pelengkap.

4. Perbanyak latihan
Olahraga ekstrem tentunya memiliki tingkatan permainan. Untuk bisa mencapai level profesional, dibutuhkan latihan yang rutin dan terstruktur. Maka, jangan malas berlatih untuk tetap bisa meningkatkan keterampilan.
Nah, itu tadi hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum memulai olahraga ekstrem. Memacu adrenalin memang menyenangkan. Selain melawan ketakutan, juga dapat meningkatkan motivasi. Namun, tetap wajib mematuhi aturan agar terhindar dari bahaya. (ws hendro/irs/madiuntoday)