Mencicipi Nikmatnya Pecel Porang Yang Lezat Dan Kaya Manfaat




MADIUN - Nasi Pecel Porang yang sempat digaungkan Wali Kota Madiun Maidi beberapa waktu lalu sudah bisa dicicipi oleh masyarakat umum. 


Sejak Agustus tahun lalu, salah satu kios di Pahlawan Street Center telah menyediakan pecel yang dipadukan dengan Shirataki asli Indonesia itu. Tepatnya, Kios Pecel Porang di depan Telkom. 


Hanya dengan merogoh kocek Rp 13 ribu, warga sudah bisa menikmati sensasi berbeda dari Pecel dengan nasi Porang. 


Irawati Widyaningsih, penjual Pecel Porang di depan Telkom mengungkapkan, selama ini masyarakat sudah tahu tentang Porang. Namun, masih ragu mencoba. 


"Takut tidak cocok rasanya. Atau, tahunya Porang itu beracun. Padahal ini sudah diolah sedemikian rupa sehingga hanya tersisa manfaatnya yang baik untuk tubuh," ujarnya saat ditemui, Selasa (3/1). 


Meski begitu, respon positif selalu diterima Ira dari pengunjung yang sudah pernah merasakan Pecel Porang. "Rata-rata kembali lagi dengan membawa keluarganya untuk ikut mencicipi beras Porang," ungkapnya. 


Berbeda dengan nasi yang berasal dari beras Padi, nasi Porang berwarna putih bening dan berbentuk bulat. Namun, tekstur dan rasanya tak jauh berbeda dengan nasi dari beras Padi. 


Meski begitu, beras Porang diklaim lebih kaya manfaat bagi tubuh. Dikutip dari laman Halodoc 9 Desember 2022 yang ditulis oleh dr. fadhli Rizal Makarim, setidaknya ada enam manfaat Porang. Yakni, menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh karena lemak omega 3 di dalamnya.


Kemudian, meredakan peradangan. Sifat antikoagulan dan antiinflamasi yang terkandung pada makanan ini dapat mencegah penggumpalan pada arteri dan mengurangi tekanan darah tinggi. 


Mengonsumsi nasi Porang juga mampu menjaga kadar gula darah. Sebab, indeks glikemik pada makanan ini di bawah 51, sehingga dapat menjadi pilihan yang baik bagi seseorang dengan diabetes sekalipun.


Selain itu, mengonsumsi Porang juga mampu membuang racun dalam tubuh karena kaya akan serat. Serta, meningkatkan fungsi kognitif, termasuk memori, fokus, dan konsentrasi karena mengandung banyak nutrisi yang bagus bagi tubuh. Seperti, asam lemak omega-3, zinc, selenium, magnesium, hingga fosfor.imun Terakhir, mengonsumsi Porang dapat meningkatkan sistem imun.


Selain Pecel Porang, berbagai sajian lezat lainnya juga tersedia di kios tersebut. Seperti cemilan dari tepung Porang hingga es krim Porang. (WS Hendro/irs/madiuntoday)