Mengenal Profesi Henna Artist, Raup Cuan dengan Percantik Kuku dan Tangan




MADIUN - Jasa henna artist tengah menjadi primadona beberapa tahun terakhir. Dari jasa yang satu ini penampilan kuku dan tangan bisa semakin dipercantik. Khususnya di momen-momen seperti pernikahan dan acara penting lainnya. 


Seiring populernya tren mempercantik tangan dan kuku dengan henna, profesi henna artist pun makin banyak dilirik. Pasalnya, penghasilan sebagai henna artist cukup menjanjikan lho. Lalu seperti apa lika-liku profesi henna artist ini? 


Dia adalah Ulfa Septiani, perempuan yang berdomisili di Jalan Hargo Mulyo, Kelurahan Rejomulyo ini mendalami dunia henna artist sejak awal 2020. Meskipun terbilang pemain baru, namun dirinya sudah menerima banyak job henna dari dalam dan luar kota. 


Motif yang biasa disukai para pelanggannya yakni motif masjid dan ukiran bunga. Ulfa bercerita, banyak kisah unik yang dialaminya selama menjalankan profesinya ini. 


“Satu hari bisa sampai terima 3 klien. Pernah juga dapat klien rumahnya di pelosok yang kanan kiri hutan. Ada juga klien yang tidak bayar,” kenang Ulfa. 


Cerita di atas hanyalah sekelumit kisah unik yang dialami Ulfa. Terlepas dari itu, dirinya mengaku sangat menikmati perannya menjadi seorang henna artist. Mulai dari bertemu klien, memilih warna-warni cat, hingga mengukir lukisan di tangan para klien. 


Tarif yang ditawarkan perempuan berusia 27 tahun itu cukup terjangkau. Yakni Rp 250.000 hingga Rp 500.000.  


“Semuanya saya pelajari secara otodidak. Awalnya ya belajar di tangan orang-orang terdekat. Lalu teman, lalu berani ambil klien,” ungkapnya sembari mengatakan jika respon dari para kliennya puas dengan hasil lukisan Ulfa. 


Saat ini perempuan berhijab itu mengaku pemasarannya melalui mulut ke mulut dan dibantu dengan menggunakan media sosial. Dirinya berharap kedepan bisa lebih mengasah diri untuk lebih terampil dalam membuat ukiran lukisan di tangan. 

(ayu/kus/madiuntoday)