Peternak Kambing Milenial, Dari Kecintaan Raup Jutaan Rupiah Per Bulan




MADIUN - Satu per satu kambing diusap dan diberi makan oleh Khoirul Anam, peternak milenial asal Kelurahan Banjarejo Kota Madiun. 

Tanpa merasa risih, setiap hari kambing-kambing miliknya dirawat dengan penuh cinta. 


Profesinya itu dimulai sejak belasan tahun lalu. Berkat kecintaannya terhadap beternak kambing itu, mengantarkannya untuk memiliki profesi sebagai peternak daripada harus bekerja kantoran. 


“Saya suka merawat kambing-kambing ini. Memang penghasilannya tidak pasti tiap bulan, tapi saya bisa memiliki profesi sesuai apa yang saya suka ,” cerita Khoirul. 


Dirinya mengaku paling banyak mendapat untung jika di musim Idul Kurban. Dalam satu bulannya, dirinya bisa meraup untung jutaan rupiah. 


“Paling ramai ya event Idul Kurban itu. Tapi kalau tiap bulan ya alhamdulillah saja. Biasanya jual beli dilakukan lewat online ada komunitas gitu,” akunya. 


Lebih lanjut dirinya mengatakan, cukup mudah jika ingin memulai untuk beternak kambing. Dengan memanfaatkan lahan kosong yang ada, dirinya bisa beternak 10 ekor kambing di kandang yang hanya berukuran 10x3 meter. 


“Kambing ini cukup mudah merawatnya. Tidak perlu lahan yang terlalu luas dan makan sehari  dua kali,” ucapnya. 


Khoirul berpesan, kepada para generasi milenial jangan takut untuk memulai usaha. Apapun itu asalkan halal dan tidak merugikan orang lain. 


“Ikuti kata hati saja. Insyaallah nanti rejeki akan mengikuti,” pungkasnya. 

(Dspp/kus/madiuntoday)