Ganti Kunjungi Smart Seoul, Wali Kota Gali Kecanggihan Smart City Ibu Kota




SEOUL, KORSEL – Upaya Wali Kota Maidi mematangkan konsep smart city di Korea Selatan berlanjut. Setelah mengunjungi kota cerdas di Daejeon, Wali Kota Maidi dan sejumlah kepala daerah peserta Studi Banding Implementasi Kota Cerdas yang diselenggarakan Kementerian Komunikasi dan Informatika mengunjungi Kota Seoul, Rabu (9/11). 


Di ibu kota Korea Selatan tersebut orang nomor satu di Kota Pendekar itu juga banyak mengali inovasi terkait smart city. Mulai penerapan CCTV, 3D sebuah kota, dan lain sebagainya.  


‘’Kota kita juga harus punya CCTV canggih. Di sini CCTV sudah diaplikasikan untuk banyak hal,’’ kata wali kota. 


Kota Madiun, lanjut wali kota, memang sudah punya sejumlah kamera pemantau. Tetapi jumlahnya masih terbatas. Kemampuannya juga perlu di-update. Nah, hal itu ada di Smart Seoul. Wali kota juga disuguhkan tampilan Kota Seoul dalam bentuk 3D. Seperti layaknya tampilan satelit google maps. Namun, mereka mengambil gambar sendiri. Artinya, bukan mengambil dari google. Tampilan gambar lebih baik dan bisa diputar maupun dilihat dari sudut manapun. 


‘’Kita mungkin juga perlu yang seperti itu. Jadi seolah-olah kita berdiri di tengah kota. Ini bisa disuguhkan untuk wisatawan. Misalnya bingung mau kemana, bisa melihat di layar 3D dulu,’’ ungkapnya. 


Wali kota memang getol menjadikan Kota Madiun sebagai kota cerdas. Khususnya di Jawa Timur bagian barat. Kota Madiun bisa menjadi gerbang untuk menuju daerah-daerah sekitar. Semua ada di Kota Madiun. Tak heran, jika kemudian disebut window display Jawa Timur bagian barat. Karenanya, wali kota terus berbenah untuk Kota Madiun. 


‘’Kota kita kota cerdas. Tapi jangan nanggung. Makanya kita terus belajar, terima kasih sekali kepada Kementerian Kominfo yang telah memberikan undangan spesial ini,’’ pungkasnya. (noor aflah/agi/madiuntoday)