Sambangi ETRI, Wali Kota Gali Inovasi Smart City Langsung dari Ahli




DAEJEON, KORSEL – Upaya Wali Kota Madiun, Maidi menggali inovasi smart city untuk Kota Pendekar di Korea Selatan berlanjut. Setelah melihat langsung penerapan inovasi smart city di Kota Daejeon, orang nomor satu di Kota Madiun itu mengunjungi Electronics and Telecommunications Research Institute (ETRI) di negeri ginseng tersebut, Senin (7/11). ETRI merupakan sebuah lembaga penelitian yang didanai pemerintah Korea di Daedeok Science Town, Daejeon.


‘’Kita mendapat banyak hal tentang bagaimana membangun kota cerdas. Mulai dari nol sampai full smart city,’’ kata wali kota.


Wali kota memang diperlihatkan perubahan Kota Daejon dari kota lama sampai full smart city. Perubahan itu tak terlepas dari peran ETRI. Mulai desain, roadmap, sampai aplikasi-aplikasinya. ETRI juga menjual produknya untuk perusahaan swasta. Nah, kontribusi yang didapat kemudian digunakan untuk membangun Daejeon. Artinya, ETRI tidak hanya mendesain Daejeon menjadi kota cerdas, tetapi juga turut mencarikan pendanaannya.


‘’Ini hebat ya. kita perlu yang seperti ini. Jadi kita bisa mendapat gambaran secara utuh bagaimana mengawali, membangun, sampai pengaplikasiannya,’’ ungkap wali kota.


Berbagai hal terkait smart city pun mengemuka. Mulai dari penerapan CCTV, keamanan gedung, hingga penerapan Internet of Thing (IoT) secara keseluruhan. Selain itu, wali kota juga mendapat materi terkait industri konten. Salah satunya, teknologi untuk menyeleksi konten sesuai pilihan audiens. 


‘’Ada banyak yang menarik dan bisa kita terapkan di Kota Madiun. Kita tidak hanya melihat langsung kotanya, tetapi mendapat arahan langsung dari orang-orang yang terlibat di dalamnya,’’ terangnya.


Seperti diberitakan, Wali Kota Madiun, Maidi melaksanakan kunjungan kerja ke Korea Selatan. Di Negeri Gingseng tersebut, wali kota mengunjungi Kota Daejeon untuk menghadiri Studi Banding Implementasi Kota Cerdas yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika. (Noor Aflah/agi/madiuntoday)