Serba-Serbi Grooming Kucing Kontes Ala Arif Widodo



Hanya Belajar Otodidak, Kini Jadi Langganan Juara Kontes Kucing


MADIUN – Hewan peliharaan yang bersih dan terawat memang membutuhkan upaya yang lebih optimal. Terutama, bagi hewan berbulu seperti kucing.


Selain makanan yang bergizi dan vitamin, salah satu hal yang wajib menjadi perhatian pecinta anak bulu (anabul) adalah prosedur perawatan tubuh kucing. Atau, grooming. Meski tak mudah, namun prosedur ini dapat dipelajari secara otodidak.


Ya, hal ini seperti yang dilakukan oleh Arif Widodo. Warga Jalan Sri Utomo, Kelurahan Sukosari itu telah mempelajari cara merawat kucing, khususnya grooming, selama bertahun-tahun. Bahkan, kini keterampilan itu dimanfaatkannya sebagai mata pencaharian.


‘’Awalnya waktu saya SD pernah rescue kucing jalanan yang masih bayi. Sampai di rumah saya mandikan dengan air hangat. Ternyata kok survive. Sejak saat itu keinginan untuk merawat kucing semakin besar,’’ ungkapnya, Jumat (28/10).


Cara merawat kucing yang tepat itupun dipelajarinya dari berbagai media. Salah satunya, YouTube. Juga, dari tukar pikiran dengan sesama pecinta kucing.


Pada 2016 lalu, Arif memutuskan membuka jasa grooming kucing. Namun, usaha itu sempat vakum satu tahun karena kelahiran sang anak. Kemudian, Arif memutuskan untuk kembali membuka usaha grooming kucing yang dipadukan dengan jasa penitipan / hotel kucing.


Selanjutnya pada awal 2022, Arif mulai merambah jasa grooming kucing kontes. ‘’Awalnya kucing sendiri. Lalu diikutkan kontes di Solo. Ternyata kalah. Dari situ belajar lagi caranya sampai akhirnya bisa mendapatkan juara,’’ jelasnya.


Menurut Arif, grooming kucing kontes memang membutuhkan upaya yang lebih besar. Jika grooming biasa membutuhkan 4 langkah pengerjaan, grooming kucing kontes bisa sampai 8 langkah. Mulai dari dua kali degreaser, satu kali sampo khusus untuk bulu mengembang, tiga kali sampo untuk bulu bervolume, hingga dua kali kondisioner. Ditambah proses pengeringan dan penyisiran bulu agar semakin halus dan rapi. Maka, tak heran jika biaya grooming untuk kucing kontes lebih besar. 


‘’Pemilihan produk sampo juga penting. Karena bisa memengaruhi warna dan keindahan bulu kucing,’’ jelasnya.


Bagi pemilik kucing yang ingin melakukan grooming sendiri, Arif memberikan beberapa tips bermanfaat. Misalnya, untuk kucing bulu panjang dibutuhkan sampo yang membuat bulunya mengembang dan bervolume. Sedangkan, kucing bulu pendek hanya sampo khusus untuk bulu bervolume saja.


Selain itu, mandikan kucing secara berkala dan rutin. Pastikan bulunya benar-benar kering sebelum disisir. Jika proses pengeringan tidak sempurna, dapat menimbulkan jamur di tubuh kucing.


‘’Untuk kucing yang cenderung galak sebaiknya gunakan air dingin untuk memandikan. Sebab, menggunakan air hangat akan semakin meningkatkan suhu tubuhnya dan membuat kucing semakin agresif,’’ tandasnya. (Nanda/irs/madiuntoday)