Kreatif, Warga Nambangan Lor Kelola Sampah Plastik Melalui Ecobrick




MADIUN - Warga Kelurahan Nambangan Lor punya cara kreatif dalam mengelola sampah plastik yang ada di sekitar lingkungan setempat. Mereka secara swadaya mengumpulkan sampah plastik untuk dibuat menjadi sesuatu yang lebih bermanfaat. Yakni mengubahnya menjadi Ecobrick. 


Ecobrick adalah botol plastik yang berisi sampah plastik yang telah dibersihkan, kemudian dipadatkan agar memiliki rangka yang kokoh seperti bata bangunan yang dapat digunakan secara terus menerus. 


“Kesadaran warga disini cukup tinggi. Kita mengumpulkan plastik bekas kemasan permen, puntung rokok, lalu dimasukan ke botol plastik,” terang Trainer Global Ecobrick Alliance (GEA) Titik Roesmiati.


Hasilnya, lanjut Titik, botol plastik yang diisi sampah plastik itu bisa dijadikan berbagai macam karya. Mulai dari kursi, meja, dan lain sebagainya. 


“Sampah plastik ini kan membutuhkan waktu ribuan tahun untuk terurai, dengan ecobrick ini kita bisa mengelola sampah dengan lebih baik dan lebih bermanfaat tentunya,” ungkapnya. 


Tak hanya mudah dibuat, dalam tiap pembuatan ecobrick, botol-botol yang telah terisi sampah plastik diberi nomor seri yang berbeda. 


“Ada nomer seri di setiap botol ecobrick nanti di daftar. Nanti terdeteksi berapa kilogram plastik yang sudah kita amankan,” pungkasnya. 

(Dspp/kus/madiuntoday)