Pasca Pandemi, Sekolah Ikut Gaungkan Gas Ekonomi



MADIUN – Pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia sejak 2 tahun lalu turut mengubah pola hidup masyarakat. Berbagai kegiatan dibatasi untuk mencegah penyebarannya semakin meluas. 


Kini seiring perkembangan kasus Covid-19 yang semakin melandai, berbagai kegiatan masyarakat pun digelar dengan lebih leluasa. Bahkan, dengan jumlah peserta yang lebih besar. Salah satunya, seperti hari ulang tahun sekolah.


‘’Dua tahun pandemi kami off HUT sekolah. Ada, tapi hanya syukuran kecil-kecilan,’’ tutur Ketua Osis SMAN 5 Madiun Rafiq Rizki Prabowo, Kamis (29/9).


Tahun ini, momen spesial itu akhirnya dapat digelar dengan konsep yang lebih meriah. Acara bertajuk Nosta Feast itupun diramaikan dengan kegiatan bazaar, live music concert, hingga thrift market.


Khusus untuk bazaar, pihak Smala turut menggandeng pelaku UMKM di wilayah Kota Madiun. Tak ayal, keberadaan UMKM ini menyedot perhatian tersendiri dalam event yang dibuka untuk umum tersebut.


Upaya menggandeng UMKM dalam berbagai kegiatan inipun sejalan dengan program Wali Kota Madiun Maidi. Yakni, untuk pemulihan ekonomi masyarakat pasca pandemi. HUT sekolah pun menjadi event yang tepat untuk mendatangkan masyarakat. 


‘’Ada sekitar 40 tenant. Sebagian diisi siswa, sebagian lainnya dari UMKM,’’ jelasnya sembari mengatakan bahwa seluruh rangkaian acara ditayangkan melalui kanal YouTube resmi Smala, sman5madiun.


Pihak sekolah juga memberikan kemudahan bagi pelaku UMKM dengan membebaskan biaya sewa tenant. Mereka hanya menerapkan sistem bagi hasil.


‘’Dengan begitu menjadi simbiosis yang saling menguntungkan. Acara HUT sekolah meriah, UMKM juga mendapatkan untung,’’ imbuhnya.(WS Hendro/irs/madiuntoday)