Ikut Peduli Lingkungan, UKWMS Bersama NTUST Pasang Alat Pemantau Udara



MADIUN - Kelestarian lingkungan hidup bukan hanya menjadi tanggung jawab pemerintah semata. Seluruh pihak juga harus ikut berupaya untuk menjaga kelestarian dan menciptakan lingkungan yang bersih serta nyaman untuk ditinggali. 

Maka dari itu, sebagai wujud kepedulian terhadap lingkungan, Fakultas Teknik Universitas Katolik Widya Mandala (UKWMS) Kampus Madiun menggandeng UKWMS Kampus Surabaya dan National Taiwan University of Science and Technology (NTUST) melalui kegiatan Engineers In Action (EIA) memasang alat pemantau udara di wilayah Kecamatan Taman dan Balaikota Madiun. 

“Ini seperti pengabdian masyarakat. Pemasangan air quality monitoring bertujuan untuk mengetahui kualitas udara di lingkungan Kota Madiun,” terang koordinator UKWMS Kampus Surabaya, Christian Julius Wijaya. 

Lebih lanjut dirinya menjelaskan, dengan adanya alat tersebut mampu membantu pemerintah setempat untuk memonitoring kualitas udara di sekitar. Dengan begitu maka akan mudah untuk membuat upaya-upaya apa yang digunakan untuk menjaga lingkungan agar tetap asri. 

Salah seorang mahasiswi yang berasal dari NTUST, Yeh Chih- Yu mengatakan program yang dilakukannya cukup menarik. Lantaran membantu pemerintah setempat untuk menjaga kelestarian lingkungan yang ada. 

Tak hanya itu, dirinya juga memuji Kota Madiun yang cukup indah dengan tata kota yang cantik. Dengan dihiasi bunga-bunga dan bendera yang dipasang di sepanjang jalan, menyambut HUT RI ke-77. 

“I think is a beautiful and wonderfull city. Because of independence festival so there are colorfull flags along the city. I think its preety cool,” tutupnya. 

(nanda/kus/madiuntoday)