Dua Atlet Pencak Silat Kota Madiun Lolos O2SN Provinsi, Mewakili Jawa Timur ke Tingkat Nasional Saat Ini




MADIUN – Atlet pencak silat Kota Madiun yang berlaga di Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) terus melaju. Setelah tampil di tingkat provinsi beberapa waktu yang lalu, dua dari empat atlet yang berlaga berhasil lolos ke tingkat nasional. Keduanya akan tergabung dengan empat atlet dari daerah lain untuk mewakili Provinsi Jawa Timur ke tingkat nasional.


Keduanya yaitu Pintar Elgyan Syah dari SDN O2 Pangongangan dan M Ikhsan Atma N dari SDN 02 Mojorejo. Keduanya telah melakukan pengambilan video yang akan dikirim kepada dewan juri tingkat nasional. 


‘’Pengumumannya 5 Agustus kemarin. Kita mengirimkan dua putra dan dua putri, Alhamdulillah yang putra lolos semua,’’ kata Catur Adi W, pelatih keduanya, Senin (15/8).


Pintar merupakan siswa kelas 4. Sedangkan, Ikhsan siswa kelas 5. Keduanya turut dalam O2SN kategori seni dengan gerakan Tunggal IPSI Baku. Terdapat tiga gerakan silat yang harus dibawakan. Yakni, gerakan tangan kosong, dengan senjata golok, dan toya. Gerakan harus diselesaikan dalam durasi tiga menit dengan toleransi sepuluh detik. Ketepatan waktu juga penting lantaran menjadi salah satu indikator penilaian.


‘’Selain itu, juga kebenaran dan kemantapan gerak. Gerakan tidak boleh ragu-ragu dan harus tepat,’’ imbuhnya. 


Capaian itu cukup disyukuri sang pelatih. Sebab, belum ada perwakilan Kota Madiun yang menembus tingkat provinsi dan bisa ke nasional. Tak heran, harapan besar berada di pundak keduanya untuk memberikan yang terbaik di tingkat nasional. Sebab, tidak menutup kemungkinan bakal terus melaju sampai kejuaraan internasional.


‘’Ini yang pertama. Untuk yang putri kita belum bisa lolos. Tentu saja ini menjadi bahan evaluasi kita untuk ke depannya,’’ pungkasnya sembari menyebut video keduanya harus dikirim sebelum 30 Agustus mendatang. (dhevit/agi/madiuntoday)