Kukuhkan Paskibra 2022, 76 Pelajar Siap Laksanakan Tugas Pengibaran dan Penurunan Bendera




MADIUN – Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) Kota Madiun siap melaksanakan tugas penting 17 Agustus mendatang. Sebanyak 76 pelajar yang tergabung dalam Paskibra Kota Madiun tahun 2022 telah dikukuhkan Wali Kota Madiun, Maidi, Senin (15/8). Mereka akan bertugas untuk upacara peringatan Detik-detik Proklamasi dan juga penurunan bendera. 

Wali Kota Maidi optimis tugas penting tersebut akan sukses dijalankan. Sebab, puluhan pelajar tersebut telah menjalani rangkaian latihan panjang sejak April lalu. Mereka akan menjalani gladi bersih terakhir hari ini. 

‘’Hari ini kita kukuhkan dan mudah-mudahan besok saat bertugas diberikan kelancaran. Latihan mereka sudah cukup lama. Insyaallah nanti sukses,’’ kata wali kota. 

Pun, mereka berangkat dari seleksi yang cukup ketat. Seleksi dilaksanakan pada Maret lalu. Setidaknya ada 400 pelajar yang mendaftar. Dari jumlah tersebut diambil 100 pelajar dan terakhir tinggal menyisakan 78 pelajar. Mereka lantas mengikuti pra latihan dimulai awal Juni lalu. Pra latihan juga sekaligus seleksi untuk ke menjadi Paskibra tingkat provinsi. Dua terbaik dari 78 pelajar tersebut akhirnya berangkat ke Surabaya dan bergabung dengan pelajar dari daerah lain untuk menjadi Paskibra Provinsi Jawa Timur. Dua pelajar tersebut yaitu, Yumna Augustie Putra Maro'in dari MAN 2 Kota Madiun dan Raysha Syafira Rahmadia dari SMA 3 Taruna Angkasa. 76 sisanya menjadi Paskibra Kota Madiun.

‘’Selamat bertugas dan semoga lancar sesuai protokol yang telah ditetapkan,’’ imbuh wali kota.

Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi akan berlangsung di Alun-alun Kota Madiun. Kegiatan peringatan memang telah kembali seperti sebelum pandemi Covid-19. Mereka akan bertugas dua kali. Sebanyak 76 pelajar itu akan terbagi menjadi kelompok 17, 8, dan 45. (tyo/agi/diskominfo)