Cakupan BIAN Di Kota Madiun Sudah Mencapai 60,90 Persen, Dinkes Optimis Target Terpenuhi



MADIUN – Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) telah berjalan sejak awal Agustus 2022 di Kota Madiun. Hingga saat ini, cakupan imunisasi telah mencapai 60,90 persen. Namun, Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana terus berupaya agar seluruh anak bisa mendapatkan imunisasi hingga akhir pelaksanaan BIAN pada 19 Agustus 2022 nanti.
Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinkes PPKB Kota Madiun dr. Denik Wuryani saat menghadiri launching BIAN di Rumah Dinas Wali Kota Madiun, Senin (15/8). ‘’Targetnya 9.513 anak. Sampai hari ini sudah 60,90 persen atau 5.793 anak,’’ tuturnya.
Seperti diketahui, dalam BIAN balita usia 6 – 59 bulan mendapatkan imunisasi Measles Rubella (MR). Serta, vitamin A untuk kesehatan mata.
Upaya menggenjot capaian imunisasi pun terus dilakukan. Yakni, bekerja sama dengan kader-kader posyandu kelurahan, RT/RW, petugas kesehatan puskesmas, hingga babinsa dan babinkamtibmas. Yakni, untuk menggerakkan masyarakat untuk datang ke posyandu atau layanan kesehatan agar mendapatkan imunisasi.
Lebih lanjut, Denik mengatakan, Dinkes PPKB telah menyiapkan skema sweeping jika target belum terpenuhi hingga akhir masa BIAN 2022. Yaitu, menyisir dari rumah ke rumah warga yang memiliki balita usia tersebut yang belum mendapatkan imunisasi.
‘’Upaya ini sekaligus menyisir anak-anak yang imunisasi dasarnya belum lengkap. Seperti DPT dan Polio,’’ jelasnya. (Tyo/irs/madiuntoday)